Berita

Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone

SMAMuhiNgawi,Minggu ini secara serentak semua SMA di wilayah Jawa Timur menyelenggarakan Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone. EHB-BKS adalah bentuk kebijakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk menakar mutu pendidikan sekolah selama setahun terakhir, termasuk di SMA Muhammadiyah 1 Ngawi. Ujian dilaksanakan mulai Senin (22/3) hingga Senin minggu depan (29/33).

Protokol kesehatan sangat diperhatikan karena ujian dilaksanakan masih pada masa pandemi. Seluruh peserta didik diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta dicek suhu tubuh sebelum masuk ke ruang ujian. Selama ujian, peserta didik diatur jarak dan tetap memakai masker. Penyelenggaraan ujian dilakukan sistem shift, terdapat dua shift untuk menghindari kerumunan.

Kegiatan ini antara lain bertujuan untuk :

1.    Mengendalikan dan memetakan mutu pendidikan pada Satuan Pendidikan Jenjang SMA sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara Pendidikan;

2.    Mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan

3.    Mengenalkan soal model AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) kepada Satuan Pendidikan.

Hasil EHB-BKS akan dinilai oleh Disdik Jawa Timur untuk melihat kualitas sekolah dalam membimbing selama pandemi. Hasil ujian tidak berpengaruh terhadap kelulusan peserta didik, juga seleksi masuk perguruan tinggi. EHB-BKS diselenggarakan juga sebagai sarana belajar sebelum peserta didik menghadapi seleksi jalur SBM-PTN. Mereka tidak akan kaget dengan konsep soal saat seleksi masuk PTN. (aipa)

Mei 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31